021-7305662

021-7305652

marketting@bhaktiasih.com

Pelayanan Bermutu
adalah Komitmen Kami

Penyakit Ginjal pada Anak Apakah Bisa Dicegah?

23 Jun, 2020

Jakarta, 11/03/2020. RSAB Harapan Kita sebagai Pusat Kesehatan Ibu & Anak Nasional berpartisipasi aktif dalam Hari Ginjal Sedunia yang biasa diperingati setiap tanggal 12 Maret, melalui kegiatan talkshow di Radio Kesehatan dengan narasumber dr. Ina Zarlina, SpA (K) membahas mengenai ginjal pada anak. 

Gangguan ginjal identik dengan orang dewasa, masyarakat memiliki asumsi bahwa penyakit ini hanya dialami oleh orang dewasa. Padahal anak – anak pun dapat mengalaminya. Apabila tidak segera diobati, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Penyakit ginjal pada anak adalah kondisi ketika organ ginjal anak mengalami kerusakan atau penurunan fungsi. “Pada bayi (0-1 thn) biasanya kelainan terjadi karena penyakit bawaan, untuk anak (2-5 thn) disebabkan oleh infkesi dan penyakit autoimun, sedangkan remaja sering terjadi dikarenakan penyakit autoimun.” Ujar Ina. Penyakit ginjal pada anak sering kali tidak menunjukkan gejala. Gejala baru mulai timbul ketika fungsi ginjal sudah mulai menurun atau rusak. Ketika ginjalnya sudah mengalami gangguan, anak dapat menunjukkan beberapa gejala seperti ; bengkak di bagian wajah, tangan, dan kaki, tidak nafsu makan dan sering muntah-muntah, kelelahan dan tampak pucat, frekuensi buang air kecil menjadi lebih jarang, pipis berdarah dan tumbuh kembang anak terhambat.

Ina menjelaskan bahwa untuk mendeteksi dan meminimalisir penyakit ginjal pada anak ataupun dewasa bisa dilakukan pemeriksaan urine rutin. Pemeriksaan urine bisa langsung didiagnosis antara 1-2 jam. Penyakit ginjal bisa sembuh total jika diatasi sejak dini. Deteksi dini bisa dilakukan melalui pemeriksaan urinalisis dasar dan tekanan darah.

Dengan memahami dan mengenali gejala penyakit ginjal pada anak, maka penyakit ini bisa segera diperiksakan ke dokter dan diobati secepatnya. Jika anak mendapatkan pengobatan sejak dini, maka komplikasi dapat dicegah dan tumbuh kembang anak bisa tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, jangan tunda untuk memeriksakan anak ke dokter jika mendapati adanya beberapa tanda dan gejala penyakit ginjal pada anak.

Salam sehat